Rabu, 17 Februari 2016

Ide dan Solusi Taman Ukuran Mini


Taman merupakan ruang yang dapat membuat sejuk dan fresh pikiran kita. Tetapi tidak semua tempat tinggal memiliki ruang berlebih untuk diperuntukan sebagai taman. Terutama rumah atau kost-kostan yang berada di kota besar. Beberapa tips dan ide dibawah menjadi solusi untuk memiliki taman walaupun ruang terbatas.


1. Furniture Bekas
Jangan buru-buru untuk membuang furniture bekas yang sudah tidak terpakai. Pikirkan solusi untuk mengubahnya menjadi sesuatu yang menarik. Meja rias tua contohnya, dapat kita gunakan sebagai mini taman yang unik untuk lahan terbatas kita. Kesan antik serta indah dari tampilan meja rias berjenjang tiga tersebut. Jika Anda tidak memiliki meja rias tua, kita dapat mendapatkan benda tersebuut di pasar loak dengan harga yang terjangkau.

2. Taman Vertikal
Sebuah tempat penyimpanan bersusun merupakan salah satu barang yang dapat digunakan sebagai taman vertikal. Tidak hanya bagus dan menghemat ruang, taman seperti ini dapat membantu menjauhkan tanaman dari hewan peliharaan. Anda dapat mengisinya dengan tanaman hias ataupun sayur. Anda hanya perlu mengisi setiap ruang dengan tanah yang dicampur dengan kompos lalu tambahkan tanaman sesuai dengan keinginan Anda. Pastikan Anda memilih tempat yang terkena sinar matahari yang cukup serta terhindar dari hujan yang lebat saat menggantunngnya. Siram air secukupnya saja untuk tanaman tersebut.

3. Taman Talang Gantung
Talang tua dapat digunakan untuk membuat taman gantung yang indah. Jumlah talang yang akan Anda butuhkan tergantung pada ukuran taman yang ingin Anda tanam. Taman gantung tersebut dapat diisi dengan tanaman hias yang dipenuhi bunga ataupun tanaman sayur-sayur organik. Berikan air dan sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhan tanaman Anda.

4. Taman Botol Soda Vertikal
Sama seperti konsep taman vertikal sebelumnya, taman botol soda juga menggunakan konsep taman vertikal. Hanya saja taman botol soda vertika dapat kita gantungkan pada pagar atau dinding rumah kita. Anda dapat mendaur ulang botol soda 2 liter dan menempatkan mereka dengan baik pada dinding atau pagar dengan cara diikat. Anda hanya perlu memotong sebagian sisi keluar dari botol dan mengisinya dengan tanah kompos. Lalu media tanam telah siap. Ini merupakan ide bagus untuk kebun herbal di rumah kita.

5. Taman Tiang
Anda memiliki tiang di teras rumah, mengapa Anda tidak memanfaatkannya menjadi taman vertikal? Anda dapat dengan mudah membuat taman jenis ini. Taman jenis ini dapat membantu untuk menambah hijau dan sejuk di teras Anda. Taman ini sangat cocok untuk mereka yang tidak memiliki halaman. Anda juga dapat menanamnya di tiang balkon rumah Anda. Anda juga dapat menanam buah seperti anggur dan tomat.

6. Taman Balkon
Jika Anda memiliki balkon atau dek kecil, Anda dapat membuat area taman yang rimbun yang dapat menambah kesegaran saat kita bersantai. Anda dapat mencampurkan tanaman besar dan kecil pada taman tersebut. Gunakan pot-pot dengan ukuran yang variatif serta ketinggian tanaman yang bermacam-macam.

7. Kotak Jendela
Ketika kita ingin bertanam dan menghemat uang untuk membuat taman impian kita, kita dapat menggunakan kotak jendela ini. Kotak ini dipasang tepat di area jendela rumah kita. Anda dapat menanam segala sesuatu mulai dari bunga, rempah serta sayuran di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar