Kamis, 28 Januari 2016

Tips Agar Rumah Anda Memiliki Feng Shui yang Baik.

Bagua / patkwa dengan bagian elemen
Ilmu Feng Shui adalah ilmu topografi kuno Tiongkok yang mempercayai bagaimana manusia dan surga (astronomi), serta bumi (geografi), hidup dalam harmoni untuk membantu memperbaiki hidup dengan menerima Qi positif. Qi terdapat di alam sebagai energi yang tidak terlihat. Qi baik disebut juga napas kosmik naga. Jenis Qi ini dipercaya sebagai pembawa rejeki dan nasib baik. Namun ada pula Qi buruk yang disebut Sha Qi sebagai pembawa nasib buruk. Perhitungan ilmu Fengshui bisa diterapkan ke banyak hal, salah satunya adlah untuk membuat/mendesain sebuah rumah baik.


Contoh rumah yang baik memiliki halaman pekarangan hijau

Berikut ini adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi supaya menjadikan rumah itu baik ditempati secara ilmu pengetahuan.
  • Penempatan ruangan dengan tepat dan baik menurut ilmu Fengshui (ada beberapa cara untuk mengatur/menentukan lokasi)
  • Rumah harus mendapatkan cahaya yang cukup (tidak berlebihan)
  • Keamanan lingkungan di sekitar rumah juga harus diperhatikan
  • Harus mendapatkan sirkulasi udara yang bagus
  • Buatlah rumah senyaman mungkin
  • Jagalah kebersihan rumah
  • Pilihlah warna yang baik
  • Bentuk rumah

Rumah dengan Feng Shui yang bagus tidak terdapat Energi Agresif (Sha Chi) atau Energi Lemah (Si Chi)
  • Coba perhatikan sekeliling luar rumah Anda. Apakah terletak di gang yang buntu, atau berada di ujung pertigaan berbentuk T?
  • Apakah rumah Anda cukup dekat dengan rel kereta api? Apakah halaman belakang rumah Anda menurun? 
  • Rumah-rumah dengan situasi yang disebutkan tersebut memiliki renovasi feng shui yang cukup menantang.
Contoh denah rumah

Berikut beberapa tips dalam feng shui rumah yang perlu kita ketahui. 
Pertama, lima tips apa yang harus kita lakukan, yaitu:
  1. Pencahayaan yang cukkup di rumah kita. Jika pencahayaan kurang, maka mungkin kita akan merasakan energi kita perlahan-lahan terkuras, sehingga mempengaruhi emosi kita.
  2. Aliran udara atau ventilasi yang cukup di rumah kita. Jika kkurang, maka bukalah menggunakan pemurni udara dengan kualitas yang baik untuk membantu menjaga udara di sekitar kita tetap segar dan penuh oksigen. Inilah yang akan memberikan tubuh banyak energi.
  3. Catlah dinding rumah dengan warna-warna pastel. Terutama di kamar tidur. Hal ini berlaku juga untuk bed cover. Warna krem adlah pilihan yang baik. Hindari menggunakan warna-warna dingin karena dapat menyebabkan kita mudah khawatir.
  4. Hiasi rumah kita dengan tanaman untuk menarik energi baik. Tanaman selalu menjadi feng shui sangat baik untuk rumah atau kantor karena mereka mebawa chi hidup atau energi ke dalam ruangan. Selama tanaman sehat, maka tanaman tersebut akan memberikan feng shui baik untuk kita.
  5. Pilih gambar atau lukisan dengan bijaksana. Hal ini karena gambar membawa energi feng shui yang kuat. Lukisan yang damai dan bahagia adalah pilihan yang baik. Namun, gambar yang menyeramkan atau suram akan membawa energi negatif. Jangan memasang lukisan sedih dan kesepian di kamar tidur karena akan membuat kita menjadi seorang yang sedih dan kesepian.
Sementara, lima hal yang harus kita hindari dalam feng shui rumah, yaitu:
  1. Hindari ruangan dengan langit-langit rendah. Hal ini karena langit-langit adalah simbol langit dalam feng shui. Jika langit-langit terlalu rendah, maka kita mungkin merasa terhimpit, serasa langit menekan kita dari atas.
  2. Hindari menempatkan pintu depan langsung terbuka ke lantai utama, atau di depan sebuah tangga. Dalam feng shui pintu utama ini disebut dengan "Mulut Chi". Dari sinilah bagaimana rumah menyerap Chi atau energi hidup yang sangat kita butuhkan. Ketika tangga langsung menghadap pintu utama, energi feng shui dengan cepat pergi ke lantai bawah atau lantai atas, akibatnya lantai utama tanpa energi hidup feng shui.
  3. Hindari menempatkan terlalu banyak benda di balkon rumah kita. Balkon merupakan tempat penting untuk mengumpulkan energi baik, sehingga sebaiknya menghindari balkon yang ruwet atau ruang terbuka dengan tanaman yang terlalu banyak. Biarkan balkon Anda cerah dan lapang.
  4. Jangan tempatkan kamar mandi di ujung lorong. Begitu pula jangan letakkan kamar mandi di tengah rumah kita. Itu adalah lokasi terburuk karena akan mengacaukan energi dari seluruh rumah. Jika terletak di ujung lorong, itu juga feng shui buruk karena energi kotor akan mengalir ke dalam rumah melalui lorong. Oleh karena itu sebaiknya menempatkan kamar mandi di sisi lorong.
  5. Hindari AC, balok atau tepi yang terbuka, sudut tajam furnitur, atau pilar yang dekat dengan atau di atas meja belajar. Hal ini akan mennyebabkan kita menjadi cepat lelah atau sakit kepala, sehingga sulit untuk berkonsentrasi.

Jika Anda ingin mulai menyesuaikan desain rumah Anda dengan fisolofi feng shui, sebaiknya dimulai dari sedikit dan jangan terlalu banyak meminta input atau saran diluar.
Hal paling penting, ANda harus percaya pada institusi Anda dan jangan paksakan semuanya jadi dalam satu waktu, sesuaikan dengan ritme dan rutinitas keseharian Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar